Friday, 19 September 2008

Panci Tekan / Presto

Panci tekan atau lebih dikenal dengan nama panci presto, padahal presto itu naman merek nih panci yang pertama kalinya keluar jadulnya), memang bermacam mereknya, bervariasi dari yang harga murah sampai harga yang menakjubkan.

Tetapi kelihatannya memang panci tekan ini, ada harga ada mutu, yang harga murah kalau bikin bandeng presto bisa lebih dari 1 jam malah bahkan bisa 2 jam, tapi untuk merek yang bagus ( dan agak mahal) cuman 45 menit sudah empuk sampai tulang2nya. Presto ayam kalau 1 jam sudah gak ada lagi tulang yang terlewat karena semua bisa dimakan.

Yang belum dicoba cuman presto kepiting, katanya bisa juga untuk presto kepiting dan bisa dimakan sampai cangkang2nya....katanya untuk presto yang bagus hanya butuh 60 sampai 90 menit saja, sedang untuk presto yang biasa bisa seharian....

Juga untuk presto buntut, kalau nekat atau lupa kasih alarm , 45 menit sudah empuk sampai tulang2nya...., jadi 15 menit aja sudah cukup.
Kalau daging biasa 5 sampai 8 menit saja....

Kebetulan di tahun 1992, ada promosi nih panci tekan ke Bontang, teman yang beli tapi entah kenapa dia gak selera lagi untuk punya, lalu dijual ke saya dalam keadaan terbungkus rapih belum dipakai dengan harga yang miring dengan 80% off, kan namanya rejeki, biar saat itu belum terfikir mau dibuat apa karena bisnis catering baru mulai tapi biar aja deh mumpung ada harga bagus miring barang masih gress.


Saat itu harga jualnya dari toko 1.200.000 untuk 1 set, isinya 1 buah panci yang 12 liter lalu 1 yang pendek 6 liter dan satu yang kecil sekitar 2 sampai 3 liter kalau gak salah.
dengan klakat dan saringan untuk 2 macam ukuran.
Tutup yang besar dapat satu yang tekan dan yang biasa tapi ada lubang udaranya satu, bisa ganti2an dengan yang pendek, kalau yang kecil ada tutup prestonya dan tutup biasa. juga dengan klakat 2 macam.
Jangan tanya sekarang harganya berapa, sudah naik kalau tak salah bisa 6 - 7 kali lipat sejak 14 tahun ini.

Maintenancenya barang ini hanya karetnya saja sering diganti karena memang sering banget dipakai, waktu jaman catering, kalau saat ini udah satu tahun saya gak ganti2 karetnya lha wong pemakaian pribadi aja.

Bagus kuat dan memang mutunya bagus, mereknya Fissler.
Saya gak promosi asli, tapi berdasarkan pengalaman karena saya punya bermacam2 merek, yang jadul banget mereknya Presto ( makanya sampai sekarang orang bilang panci presto sebetulnya itu nama merek pressure cooker yang pertama), lalu Prestige, kemudian ganti lagi Tefal ( beli di Belanda), yang baru aja dibeli ISA karena pengen nyoba soale katanya bagus.

Tapi buat saya pribadi gak ada yang ngalahin kekuatan nih Fissler, jelas tahan udah sekian belas tahun dan masih bagus, meski memang harganya juga sebanding dengan mutunya. Tapi rasanya untuk lifetime punya panci ini. Worthed banget.


Kalau yang ini sama mereknya Fissler katanya dari seri blue magic, besarnya 9 liter, tapi saya agak kurang puas dengan ini, gak tau kenapa lebih sering ada masalah dengan panci yang satu ini.
Saya beli ditahun 1993, karena pengen yang ukuran sedang, inget betul satu ini harganya masih 600 ribu.

Kalau masalah tekanannya sih hampir gak ada, tapi masalah dimendesis nya suka berlebihan dan kadang agak sulit dikontrol, juga tutup pengontrol katupnya agak sering rusak.
Saya punya udah rusak 2 kali tutup katupnya yang abu2 lebar ditempat pegangannya itu.

Tapi fungsi lainnya sama bagusnya dengan yang besar. Kalau saran sih mending beli yang gede atau yang model seperti yang besar tapi dalam ukuran liter yang lebih kecil kalau pengen yang ukuran sedang saja, jangan yang model ini.
Mana tutupnya cuman dapat satu macam saja walaupun dengan klakat 2 macam.

Beli panci presto memang agak mahal tapi kalau memang pengen punya jangan ragu2 memilih yang mutunya terbaik karena panci ini hanya kita beli sekali untuk seumur hidup. Kecuali memang koleksi panci presto atau beli untuk try and error kayak saya.....
Dan berakhir ke keluarga saya kebagian macam2 panci tekan ini.

Apapun mereknya yang penting sesuai dengan kebutuhan, hanya saja kalau saya sangat cocok dengan yang ini.

2 Comments:

At 28 February 2014 at 07:58 , Blogger Venny Nyoto said...

Bunda mau tanya gimana ya cara pake fisller yg tutup biru itu?pls info....thx

 
At 28 February 2014 at 07:59 , Blogger Venny Nyoto said...

Bingung nih cara pakai panci presto nya...tutupnya miring ya??

 

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home